VISI DAN MISI

Program Studi Perekam dan Informasi Kesehatan (PIK) merupakan program studi yang dibuka untuk mencetak tenaga yang profesional di bidang analisa data pasien di pusat pelayanan kesehatan dengan menggunakan kemajuan teknologi informasi. Program Studi ini adalah yang pertama kali ada di Indonesia dengan jenjang Strata-1 (S1).

Seorang sarjana PIK diharapkan mampu membuat sistem pencatatan  yang komprehensif dan akurat secara elektronik (Electronic Medical Record) tentang keberadaan pasien, yang selanjutnya dapat memberikan masukan kepada manajemen institusi kesehatan (rumah sakit) sebagai bahan evaluasi performance sumber daya yang terlibat di dalam pelayanan.

Di masa sekarang, kebutuhan akan tenaga PIK sangat tinggi, dan diprediksi akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dikarenakan sampai saat ini belum ada satupun institusi kesehatan yang mempunyai lulusan Sarjana PIK (S-1), sehingga peluang kerja sangat terbuka. Disamping itu juga dengan adanya isu tentang asuransi kesehatan bagi setiap warga negara, penanganan hukum kesehatan, register kanker, dan penggunaan rekam medis elektronik, maka peran Sarjana PIK akan lebih besar. Sejak th 2017 gelar Sarjana PIK menjadi S.MIK (Manajamen Informasi Kesehatan).

Visi:
“Menjadi Program Studi Perekam dan Informasi Kesehatan yang mampu menghasilkan lulusan yang profesional, unggul, dan teladan serta berakhlak di bidang rekam medik dan bertaraf internasional.”

Misi:
1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang unggul dengan didukung manajemen internal yang baik dan suasana akademis yang kondusif.
2. Menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, profesional dan bermoral.
3. Menjadikan PS PIK sebagai pusat kajian dalam bidang Perekam dan Informasi Kesehatan.
4. Menyelenggarakan penelitian di bidang rekam medis untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mampu berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan di instutusi kesehatan.
5. Menjadi mitra kerja yang profesional dengan institusi kesehatan baik di tingkat nasional, maupu internasional dalam bidang perekam dan Informasi Kesehatan.
6. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang berorientasi kepada bidang kesehatan non medis (prosedur administrasi kunjungan pasien ke rumah sakit atau institusi kesehatan lainnya), sehingga masyarakat mengetahui secara jelas prosedur yang harus ditempuh bila menggunakan fasilitas kesehatan tersebut.